FOREX TRADING AUTO PILOT

 FOREX TRADING AUTO PILOT

FOREX TRADING AUTO PILOT
Halo, para Trader. Kali ini saya mau berceritera tentang perilaku trading penulis di wkt lampau. Waktu ketika penulis masih berstatus newbie (meskipun waktu ini blm mampu dikatakan expert) di dunia transaksi trading mata uang yang penuh dgn gelora ini.

FOREX TRADING AUTO PILOT
Saya kenalan mata uang di tahun 2005. 
Saya menghabiskan masa melatih bermacam ragam macam teknik analisa dan trading dalam masa extra kurang setahun. Penulis tidak care meskipun wkt itu penulis masih berstatus selaku tenaga pemasar di sebuah penghubung pedagang berjangka. Buat saya, yg bernilai belajar dulu. Cari client belakangan saja. Toh wkt itu saya enggak digaji, semata-mata mendapatkan komisi dari jual/beli pelanggan saya, itu pun k'lo penulis berhasil memperoleh nasabah.

Bisa ditebak, perilaku itu berbuah ceramah serta ceramah panjang lebar dari supervisor penulis dulu. Beliau pun lama kelamaan pasti bila ia salah merekrut orang. Tetapi beliau rupanya memandang peluang lain pada diri saya, sehingga akhirnya pd thn 2008 beliau mengusulkan penulis bakal menjadi staf market analyst di makelar tersebut. But that’s another story.

Tahun 2006, saya memberanikan diri buat trading dgn modal patungan bersama 3 orang teman. Di tidak semua 31 hari pertama penulis transaksi trading beneran account, penulis mengira performa transaksi trading saya “luar biasa”. Mengapa? Di tiga bln pertama, saya berhasil membukukan keuntungan berturut-turut berkisar 30% dari modal awal. Walau udah dibagi empat, sbg fresh graduate kala itu perolehan sebesar itu semata-mata gede buat saya.

FOREX TRADING AUTO PILOT
Kepercayaan diri penulis bertambah, lebih-lebih berat jumawa. 
Penulis merasa sudah berada di puncak dunia. Bayangkan, dlm 3 bulan transaksi trading itu penulis enggak sempat sekalipun menjalani cut-loss. Catat ya: TIDAK PERNAH. Itu artinya 100% dari jual/beli yg penulis lakukan dalam tiga bulan tsb membuahkan profit.

Nahas, di bulanan ke-4 saya nggak mampu mempertahankan prestasi. Floating loss berlarut-larut sampai akhirnya saya menjelaskan diri nggak bisa lagi mengelola kapital kami. Untungnya sempat profit, sehingga bila ditotal kerugian kami “hanya” berkisar 50% dari modal awal (bandingkan dengan kebanyakan trader yg kudu sampai tertimpa margin call).

Waktu itu saya menarik kesimpulan sains yg saya peroleh kurang lengkap. Namun nyatanya kekeliruan saya lbh dari itu. Kekeliruan pokok saya ialah pola pikir yang salah & metode berlatih yang tak tepat.

Serupa kebanyakan trader pemula, waktu itu saya sangat pusat bagi menerima otput yg cepat & – tentu saja – banyak. Masa itu mata uang digambarkan bagaikan salah satu bentuk usaha yg menyodorkan otput yang cepat. Sampai-Sampai mungkin hingga saat ini pun pola pikir massa masih sama mengenai forex.

FOREX TRADING AUTO PILOT

 FOREX TRADING AUTO PILOT

Betul bahwa pergerakan value mata uang jauh lbh volatile dibandingkan dgn saham.
Misalnya, sehingga kesempatan yg tercipta emang jauh extra besar. Di sinilah “racun”-nya. Ambisi untuk menemukan untung yang gede dlm masa tidak lama adakalanya membuat seorang pemain membuka jual/beli yang terlampau besar. Padahal di balik probabilitas untung yg gede itu tersimpan pula rawan yang tak kalah besarnya. Itulah sebabnya mengapa sangat dianjurkan untuk mengerem rawan lewat pengaturan pemanfaatan kapital yang tepat (mengatur besaran lot) & pembatasan rawan yang sebati (manajemen resiko). Sayangnya, keinginan utk memperoleh profit dengan cepat menghasilkan byk trader melupakan ihwal yg amat mendasar dalam trading ini.

Itu juga “dosa” yang saya lakukan dulu. Dalam perasaan penulis cuma ada “untung, untung dan untung”. Semacam yg saya sampaikan di atas, dalam tiga bulan pertama experiance transaksi trading saya enggak sudah menjalankan cut-loss sekalipun. Enggak tahu menyekat resiko dgn hentikan loss. Padahal tidak ada seorang pun yg dapat tahu persis ke mana nilai akan bergerak. Artinya, kita dpt mendapatkan tekor bila saja. Antisipasi hendak ihwal tsb yaitu manajemen resiko, yg byk dilupakan trader.

FOREX TRADING AUTO PILOT
Selain mindset, banyak juga trader yg melewati proses pembelajaran transaksi trading valuta asing yg benar. 
Kebanyakan hendak langsung dapat menjalankan transaksi trading dgn cara alias pola yang siap pakai. Itu pun dulu merupakan dosa saya.

Saya dulu betul-betul banyak menghabiskan wkt bagi memahirkan beraneka ragam teknik dengan kata lain arahan trading tanpa pakai meluangkan hanya masa bagi mengarahkan dasar-dasar trading. Saya malahan baru mengerti rancangan tumpuan trend sehabis dua thn terjun ke dunia trading, yang sialnya baru penulis ketahui setelah sempat “terjungkal”. Bayangkan, ada pemain yg berani trading sampai-sampai sebelum ia paham apa itu trend yang adalah “nyawa” dari pergerakan harga.

Saya sering menganalogikan belajar transaksi trading valuta asing seperti melatih beladiri. Tak mungkin ada seorang karateka yg kontan menyandang sabuk hitam nggak usah melalui operasi berlatih yg panjang mulai dari sabuk putih, kuning dan seterusnya, kecuali bila ia ialah orang krusial yg diangkat sebagai anggota kehormatan perguruan tertentu.

FOREX TRADING AUTO PILOT
Belajar transaksi trading pun demikian. 
Seseorang seyogianya mengarahkan ilmu mengenai transaksi trading dari sumber yg kompeten serta dengan aneka tips yang benar juga. Pelajarilah dasar-dasar transaksi trading terlebih dahulu, yakni trend, support serta resistance. Selepas anda menguasai ke 3 elemen tersebut, barulah pembaca dpt melanjutkan ke materi lain sebagaimana indikator teknikal, rupa price (price pattern) dengan lain-lain.

Kebanyakan kesalahan yg dilakukan pemain ialah jitu “loncat” ke petunjuk dengan kata lain tips trading. Padahal bakal dpt menginterpretasikan pd kondisi sebagaimana apa sebuah aneka tips trading mampu dipergunakan dgn kata lain tidak, kita harus mengetahui apa yg berubah tonggak proses trading tersebut. Nah, bagi mengerti dasar arahan trading tersebut, hendak nggak mau kita harus memahami dulu dasar-dasar trading.

 FOREX TRADING AUTO PILOT

FOREX TRADING AUTO PILOT

FOREX TRADING AUTO PILOT


Pages